Saturday, November 20, 2010

Besaran Vektor & Skalar


     Selain besaran pokok dan turunan, masih ada besaran fisika lainnya yaitu Besaran Vektor & Besaran Skalar. Besaran Skalar adalah besaran yang mempunyai besarnya saja (nilai). Contohnya Massa Batu 40 kg, nah itu kan cuma punya besar saja... tapi tak ada arahnya... 
Sedangkan Besaran Vektor adalah besaran yang mempunyai besar dan arah... Contohnya seperti kecepatan (40 m/s ke arah timur). <- tuh kan ada arahnya... klo seperti itu berarti vektor....










     Biasanya untuk menyatakan vektor dari situasi tertentu digunakan diagram dengan arahnya, yang mana... disetiap vektor dinyatakan dengan tanda panah. tanda panah ini digunakan untuk menunjukkan arah dari vektornya... sedangkan besarnya vektor digambarkan dengan panjangnya tanda panah.

Kita ambil contoh nih,  pada gambar di bawah dilukiskan suatu vektor gaya (F) yang besarnya 40 N (N = Newton, satuan gaya) dan berarah 30o utara dari timur atau 30o terhadap sumbu x positif. Besar vektor = 40 N dilukiskan dengan panjang anak panah 4 cm. Ini berarti skala yang dipilih adalah 1 cm = 10 N atau 4 cm = 40 N.

Oh iya... Ingat!!!
Di dalam penulisan vektor... memiliki aturan tersendiri
Dalam menuliskan vektor, apabila anda menggunakan tulisan tangan, lambang suatu vektor umumnya ditulis dengan huruf besar dan di atasnya perlu ditambahkan tanda panah, misalnya :
F tapi diselipin -> di atas huruf F.
Untuk buku cetak, lambang vektor ditulis dengan huruf besar yang dicetak tebal, misalnya F
Untuk buku cetak, besar vektor ditulis dengan huruf miring, misalnya F



Refrensi :
gurumuda.com

No comments:

Post a Comment

Jikalau mau bertanya ya bertanya, jangan takut bertanya...