Seperti pada pembahasan Gerak Lurus, di gerak melingkar juga terdapat Gerak Melingkar Berubah Beraturan atau sering disebut GMBB. Jika percepatan searah dengan kecepatan, maka kecepatannya akan bertambah (GMBB Dipercepat), lain halnya dengan percepatan yang berlawanan arah dengan kecepatan, itu menyebabkan kecepatannya berkurang(GMBB Diperlambat).
Pada GMB, walaupun ada Percepatan Sentripetal, namun kecepatan linearnya tidak berubah. Tahukah anda alasannya? Dikarenakan Percepatan Sentripetal tidak berfungsi untuk mengubah kecepatan linear, akan tetapi untuk mengubah arah gerak partikel sehingga lintasannya berbentuk lingkaran.
Pada GMBB, terdapat 3 percepatan, yaitu : Sentripetal, Tangensial, dan Percepatan Sudut
Dikarenakan Percepatan Sentripetal sudah dibahas di GMB, maka kita akan membahas terlebih dahulu Percepatan Sudut.
Percepatan Sudut
Percepatan sudut atau disebut juga dengan Percepatan Angular (α) adalah Perubahan laju Kecepatan Sudut dari waktu ke waktu. Dalam SI, ini dinyatakan dengan rad/s² (radian per second kuadrat).
Sebuah benda bergerak melingkar berubah beraturan memiliki laju perubahan kecepatan sudutnya sebagai berikut :
Δω = ω2 – ω1
Δω = Besarnya perubahan kecepatan sudut
ω2 = Kecepatan sudut pada waktu x. contoh kecepatan sudut akhir
ω1 = Kecepatan sudut pada waktu mula-mula
Lalu perubahan waktu kecepatan sudutnya sebagai berikut :
Δt = t2 - t1
Δt = Selang waktu selama terjadinya Δω.
Dari data diatas maka kita dapatkan nilai Percepatan Sudut / Angular Sebagai berikut :
Nah, disini kita akan mencari Kecepatan Sudut Akhir dan Perpindahan sudutnya.
Di GMBB pun sama seperti yang ada di GLBB. Hanya ada beberapa yang diganti, yaitu :
ωt = ω0 ± α.t
Untuk Cari Kecepatan Sudut Akhir
θ = ω0 . t ± α.t2
Untuk Cari Posisi sudut yang ditempuh
ωt2 = ω02 ± 2 α.θ
Atau mungkin pakai ini untuk memecahkan soal. Tapi inget, jangan hafal rumus, kalau mau pahami konsep terlebih dahulu, trus lakukan penurunan rumus.
ωt = Kecepatan sudut Akhir
ω0 = Kecepatan sudut mula mula
α = Percepatan Sudut
t = Selang Waktu
θ = Posisi sudut yang ditempuh
± = Lambang ini tergantung pada nilai arah dari α
apabila ia bernilai (-), maka lambang ± , harus diganti jadi (-), dan sebaliknya...
α = Percepatan Sudut
t = Selang Waktu
θ = Posisi sudut yang ditempuh
± = Lambang ini tergantung pada nilai arah dari α
apabila ia bernilai (-), maka lambang ± , harus diganti jadi (-), dan sebaliknya...
Percepatan Tangensial
Pada GMBB, kecepatan linear dapat berubah secara beraturan. Hal ini menunjukkan adanya besaran yang berfungsi untuk mengubah kecepatan. Nah besaran itu ialah Percepatan Tangensial (at) , yang arahnya bisa sama atau berlawanan arah dengan kecepatan linearnya. (Selalu menyinggung lingkaran)
Percepatan Tangensial Diperoleh dari :
v = kelajuan linear
Refrensi :
e-dukasi.net
Percepatan Tangensial Diperoleh dari :
Partikel P memiliki komponen Percepatan :
a = at + as , dimana at tegak lurus as
Besar Percepatan Linier Total partikel titik P :
a adalah percepatan totalnya (ms-2)
R = radius / jari-jari
Kelar deh materi tentang GMBB, mungkin nanti akan diupdate lagi materi tentang GMBB...
saat ini segini dahulu aja. tar takut puyeng lagi.. hihi... Sebelumnya kita ambil kesimpulan terlebih dahulu yak... biar lebih paham nih dengan materinya...
Jadi Kesimpulannya,,,
Semua benda bergerak melingkar pasti mempunya Percepatan Sentripetal, akan tetapi belum tentu mempunya yang namanya Percepatan Tangensial dan Angular.
Percepatan Tangensial dan Angular hanya dimiliki bila benda bergerak melingkar dan mengalami perubahan kelajuan linier ataupun kecepatan sudutnya.
Benda yang bergerak melingkar dengan kelajuan linier tetap ataupun kecepatan sudutnya tetap, hanya mempunyai percepatan sentripetal, tetapi tidak mempunyai Percepatan Tangensial maupun Angularnya (at = 0 = as ).
Percepatan Tangensial dan Angular hanya dimiliki bila benda bergerak melingkar dan mengalami perubahan kelajuan linier ataupun kecepatan sudutnya.
Benda yang bergerak melingkar dengan kelajuan linier tetap ataupun kecepatan sudutnya tetap, hanya mempunyai percepatan sentripetal, tetapi tidak mempunyai Percepatan Tangensial maupun Angularnya (at = 0 = as ).
e-dukasi.net
No comments:
Post a Comment
Jikalau mau bertanya ya bertanya, jangan takut bertanya...