Monday, December 13, 2010

Pengantar Dinamika

Pernahkah anda melihat roket? Untuk menerbangkan roket, para ilmuan memanfaatkan hukum ketiga Newton. Pada waktu menerbangkan roket, semburan roket menyembur bumi. Gaya semburan roket tersebut (aksi) menghasilkan gaya yang sama tetapi berlawanan arah (reaksi). Yang mana, gaya (reaksi) ini menggerakkan roket menjauhi bumi dan terbang. Pertanyaannya... Dapatkah Anda menganalisis mengapa roket menggunakan semburan untuk terbang? dan kenapa ia tak menggunakan udara untuk terbang, layaknya pesawat terbang?


Pembahasan mengenai gerak benda merupakan bagian penting dari penggambaran alam semesta. Mulai dari zaman bahela, manusia sudah berusaha membongkar rahasia tentang gerak benda. Mulai dari zamannya Aristoteles sampai masa dimana Galileo dan Newton berada, pembahasan mengenai gerak mengalami perkembangan yang signifikan. Di SMP Anda telah mempelajari sesuatu yang menyebabkan benda bergerak, yaitu gaya. Gaya dapat mempercepat atau memperlambat kelajuan gerak benda. Gaya juga dapat mengubah arah gerak benda (arah sebanding dengan gaya). Pada pembahasan Kinematika, Anda telah mempelajari tentang gerak lurus dan gerak melingkar tanpa memedulikan penyebabnya. Nah, sekarang waktunya beranjak dari Kinematika dan memulai pembahasan yang baru, yakni Dinamika... Ilmu yang mempelajari tentang gerak dengan memperhatikan penyebabnya. Pada pembahasan kali ini Anda akan dijejalkan tentang hukum-hukum Newton, jenis jenis gaya, serta dinamika gerak lurus dan melingkar.
Semoga Dinamika tidak membuatmu bosan membaca.


Sedikit pengetahuan... Definisi gaya ialah suatu penyebab sebuah benda yang bermassa mengalami percepatan ataupun perlambatan.

Banyak baca, banyak tahu. Sedikit baca, sedikit tau... Banyak melihat banyak pengetahuan...
maka, lihatlah sekeliling anda dan ambilah itu sebagai contoh disetiap materi yang kuberikan...

Jikalau artikel ini mengalami kesalahan, mohon maaf dan mohon beritahu si penulis... Terima kasih atas kunjungannya kawan...

2 comments:

  1. Titanium Hair Clipper - Titanium Arts
    TITIUM LEMIN, cobalt vs titanium drill bits A.L. micro touch titanium trim · TITIUM LEMIN, A.L. · TITIUM LEMIN, titanium fat bike A.L. · TITIUM LEMIN, A.L. titanium tv apk · TITIUM LEMIN, A.L. · TITIUM LEMIN, A.L. · TITIUM LEMIN, A.L. · TITIUM titanium muzzle brake LEMIN, A.L. · TITIUM LEMIN.

    ReplyDelete

Jikalau mau bertanya ya bertanya, jangan takut bertanya...